Selasa, 03 September 2013

Teologi Islam - 3 September 2013

pak sarkowi, S.Pdi MA

081334571891

sudah siapkah anda mengikuti mata kuliah ini ?

kuliah bkn majelis ta'lim ataupun hanya duduk, diam dan mengiyakan.

ada tujuan & target yang jelas ( ijazah + aktualisasi diri ).

ada aturan yang mengikat ( norma institusi, agama, etika & moral ).


evaluasi penilaian :

tugas kelompok 25%

tugas mandiri    15 %

uts 20%

uas 20%

keaktifan 20%


nilai lain :

untuk penilaian presensi 80%

dalam kuliah ini, dibagi 10 kelompok, aku kebagian kelompok 4 dengan materi aliran jabariyah.

disini, kita disuruh membikin makalah yang gak hnya jiplak saja, tapi kuliah itu melatih kta untuk di masa depan,

disini kami dijelaskan bahwa teologi islam adalah suatu teori yang membahas tentang tuhan. dimanapun kita berada, tuhan selalu bersama kita.

disini, dosen membedakan apa itu iman, islam dan ihsan..
Berdasarkan hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah ra.:
Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Pada suatu hari, Rasulullah SAW muncul di antara kaum muslimin. Lalu datang seseorang dan berkata: "Wahai Rasulullah, apakah Iman itu?". Rasulullah SAW bersabda: "Yaitu engkau beriman kepada Allah, kepada malaikat-Nya, kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, para utusan-Nya, dan beriman kepada Hari Kebangkitan akhir".
Orang itu bertanya lagi: "Wahai Rasulullah, apakah Islam itu?". Rasulullah SAW bersabda: "Islam, yaitu engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun, mendirikan salat fardhu, memberikan zakat wajib dan berpuasa di bulan Ramadhan".
Orang itu kembali bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah Ihsan itu?". Rasulullah SAW bersabda: "Yaitu engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak mampu melihat-Nya, maka ketahuilah bahwa Dia selalu melihatmu".
Orang itu bertanya lagi: "Wahai Rasulullah, kapankah Hari Kiamat itu?". Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang menanya. Apabila ada budak perempuan melahirkan majikannya, maka itulah satu di antara tandanya. Apabila ada orang yang semula miskin menjadi pimpinan manusia, maka itu termasuk di antara tandanya. Apabila orang-orang yang tadinya menggembalakan ternak saling berlomba memperindah bangunan, maka itu termasuk di antara tandanya. Ada lima hal yang hanya diketahui oleh Allah".
Kemudian Rasulullah SAW membaca Surat Luqman ayat 34: "Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya saja lah pengetahuan tentang Hari Kiamat dan Dia lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim. Dan tiada seorang pun dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".
Kemudian orang itu berlalu. Lalu Rasulullah SAW bersabda: "Panggillah orang itu kembali!". Para sahabat beranjak hendak memanggilnya, tetapi mereka tidak melihat sesuatu pun. Maka Rasulullah SAW bersabda: "Itu tadi adalah Jibril, yang datang untuk mengajarkan kepada manusia tentang agama mereka".

dan akhirnya dosen saya mengibaratkan iman, islam dan ihsan dengan pohon,

iman adalah akarnya
islam adalah batangnya
ihsan adalah buahnya maupun daunnya ( hasil dari pohon tsb )

lebih jelasnya, check it out :

http://id.wikipedia.org/wiki/Iman



ini adalah materi presentasi ke 2 dari dosen ku :

check it out :

https://www.evernote.com/shard/s236/sh/452ed8e7-5888-47df-bc47-a68a93427d51/ad134b2069d6e3187a5f389bf65c53be

Tidak ada komentar :

Posting Komentar