Perangkat Lunak dan Rekayasa Perangkat Lunak
tujuan pembelajaran
1. memahami apa yang dimaksud dengan perangkat lunak
2. memahami apa yang dimaksud dengan rekayasa perangkat lunak
materi :
1. karakteristik perangkat lunak
- definisi perangkat lunak
+ instruksi-instruksi (program komputer) yang ketika dijalankan menyediakan fitur-fitur, fungsi-fungsi, dan kinerja-kinerja yang dikehendaki.
+ struktur data yang memungkinkan program-program memanipulasi informasi.
+ informasi deskriptif pada salinan tercetak dan bentuk-bentuk maya yang menggambarkan pengoperasian dan penggunaan program-program
- ranah aplikasi perangkat lunak
- perangkat lunak warisan
2. karakteristik khas dari aplikasi-aplikasi web
- kepadatan jaringan
- keserempakan
- jumlah pengguna yang tidak dapat diprediksi
- kinerja
- ketersediaan
- digerakkan oleh data
- peka terhadap isi
- evolusi yang berkesinambungan
- kesegeraan
- keamanan
- estetika
3. rekayasa perangkat lunak
- pahami permasalahan sebelum mengembangkan penyelesaian
- perancangan merupakan hal yang inti dalam aktifitas rekayasa perangkat lunak
- perangkat lunak harus berkualitas tinggi
- perangkat lunak harus bersifat dapat dipelihara
definisi rekayasa perangkat lunak dalam roger s pressman
menurut fritz bauer[nau69]: perangkat lunak adalah pembuatan dan penggunaan prinsip-prinsip penting rekayasa supaya pengguna bisa memperoleh perangkat lunak secara murah yang dapat diandalkan dan bekerja secara efisien pada mesin-mesin yang sesungguhnya.
menurut ieee [ieee93a]:
- aplikasi dari suatu pendekatan yang sistematik, disiplin, dan dapat diukur pada pengembangan, operasi, dan perawatan perangkat lunak; yaitu penerapan rekayasa pada perangkat lunak.
- studi pendekatan-pendekatan seperti pada no (1).
4. proses perangkat lunak
- komunikasi
- perencanaan
- pemodelan
- konstruksi
- penyerahan ke pelanggan/pengguna (deployment)
kegiatan penyangga
- penelusuran dan kendali proyek perangkat lunak
- manajemen resiko
- penjaminan kualitas perangkat lunak
- ulasan/tinjauan teknis
- pengukuran
- manajemen konfigurasi perangkat lunak
- manajemen penggunaan ulang
- persiapan produk kerja dan produksi
5. praktek rekayasa perangkat lunak
- esensi praktek
+ pahami permasalahannya
+ rancang solusinya
+ laksanakan rancangannya
+ periksa hasilnya
- prinsip-prinsip umum
+ alasan keberadaan perangkat lunak
+ tetap sederhana
+ pertahankan visi
+ apa yang anda buat akan digunakan oleh konsumen
+ membuka diri terhadap masa depan
+ rancanglah selangkah ke depan sehingga dapat digunakan kembali
+ pikirlah
6. mitos-mitos perangkat lunak
- mitos manajemen
- mitos pelanggan
- mitos praktisi
7. bagaimana proyek perangkat lunak dimulai?
- kebutuhan bisnis dinyatakan secara informal
tugas di kelas
--------------
1. diskusi tentang berbagai perangkat lunak yang pernah digunakan
2. diskusi tentang pandangan mahasiswa terhadap siakad
tugas di rumah
---------------
1. resume perangkat lunak al-Qur'an (selasa, jumat pagi, senin)
- informasi yang terkait dengan perangkat lunak tersebut
- fitur saat ini
- cara menggunakan fitur tersebut
- fitur yang diharapkan
- semakin lengkap, semakin baik
2. resume perangkat lunak hadist (kamis, jumat siang)
- informasi yang terkait dengan perangkat lunak tersebut
- fitur saat ini
- cara menggunakan fitur tersebut
- fitur yang diharapkan
- semakin lengkap, semakin baik
ini adalah resume perangkat lunak hadistku :)
https://www.evernote.com/shard/s236/sh/91a5ea69-3a34-4009-9fd9-e1bfd6103d6a/37f6adbff775e995abe049ad7d1acce4
Tidak ada komentar :
Posting Komentar